9 Suggestions Mudah Usaha Warung Kopi

Buku terbitan Agromedia ini mencoba membujukmu untuk menyimak dan mempraktikkan bisnis kopi mulai dari modal. Bisnis kedai kopi terus menjamur di Indonesia, seiring dengan budaya minum kopi yang makin berkembang. Store Manager Kozi Gudang Selatan Bandung Sendy Septian Hamzah mengaku, selama Ramadan 2021 ini bisnis kedai kopi mulai mengalami perbaikan dibandingkan tahun lalu. Mulai dari warung kecil di pinggir jalan, sampai restoran mewah, semua berlomba menyajikan signature kopi mereka. Makin ke sini, rasanya makin tak sulit menemukan kedai kopi di berbagai kota dan daerah di Indonesia.

Bisnis kedai kopi

Apalagi, lanjut Victoria, minum kopi kini sudah menjadi gaya hidup bagi generasi milennial dan bukan sekedar minuman penghilang rasa kantuk. Bahkan di tahun 2019, ada lebih dari 2.937 kedai kopi yang berdiri. Terlebih saat ini minum kopi kini sudah menjadi gaya hidup bagi generasi milenial dan bukan sekadar minuman penghilang rasa kantuk. Di tahun 2019, ada lebih dari 2.937 outlet kedai kopi yang berdiri.

Kedai kopi menjelma menjadi tempat untuk menghabiskan waktu luang, mengerjakan tugas kantor, atau bertemu dengan rekan bisnis. Kedai kopi pun bermunculan dengan gaya dan keunggulannya masing-masing. Sementara itu, konsumsi kopi domestik Indonesia juga terus meningkat.

Sebuah mesin espresso dibandrol seharga puluhan juta, sedangkan untuk manual brew harganya lebih variatif, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan. Meskipun Anda saat ini memiliki modal cukup besar, usahakan agar tidak menggunakannya untuk hal tak perlu secara berlebihan. Namun, jika Anda butuh modal tambahan, ajukan pinjaman dana untuk membantu kelancaran arus kas keuangan usaha. Apabila bila Anda memang membutuhkan tambahan modal dan sudah merencanakannya dengan baik, maka jangan takut mendaftar untuk pinjaman. Carilah penyedia pinjaman modal usaha yang cocok dengan kebutuhan bisnis Anda.

Mulai dari minuman, makanan ringan, hingga makanan berat, sederet tempat makan legendaris kota Jakarta menyajikan cita rasa yang khas dan kaya akan sejarah. Sebuah bisnis juga berkembang jika seseorang berani mengembangkan network atau jaringan serta mencari pengalaman baru. Tata sendiri memulai bisnisnya dari pertemuan dengan seorang teman yang memiliki pabrik kosmetik. Tapi jika memang berniat membangun bisnis dari nol, coba yakinkan diri sendiri. Membangun bisnis tentu tak lepas dari risiko kerugian, pahit getir, dan susahnya membangun usaha.

Untuk modal yang digunakan Aldry mengaku tidak menggunakan dana yang terlalu banyak, karena mereka memanfaatkan ruangan kosong di rumah salah satu pemilik sebagai area kedainya. Sodare Kopi menawarkan berbagai menu mulai dari menu kopi dan juga non kopi. Kedai kopi atau coffee store menjadi salah satu tempat nongkrong yang digandrungi oleh kalangan remaja hingga dewasa.

Heriyono menambahkan saat ini pihaknya memiliki satu gerai Kopi 98 yang berlokasi di wilayah Graha Raya, Bintaro, Tangerang Selatan dan satu gerai Syndicate Koffie di Pasar Segar Graha Raya, Bintaro. “Rencananya dana dari hasil pelepasan sebagian saham tersebut akan kami gunakan untuk membuka sekitar empat kedai baru yang akan tersebar disejumlah daerah,” jelasnya. Meski kopi Sipirok asal Tapanuli Selatan yang diunggulkan, Sipirock Coffee juga menyuguhkan racikan kopi lokal lainnya.

Sebagian pun mulai menyadari, dengan pesatnya pertumbuhan bisnis makan-minum ini maka dibutuhkan strategi khusus untuk memenangkan persaingan. Baik pengunjung lokal Jogja ataupun pengunjung yang berasal dari kota lain. Tambahnya lagi, Coffee Brick yang buka 24 jam tentunya menjadi keuntungan tersendiri, karena dapat dinikmati pengunjung tanpa kenal waktu.