Cara Mudah Memulai Usaha Perikanan

Negara dengan sumber daya lahan dan lautan luas seperti Indonesia diprediksi mampu bangkit lebih cepat. Komoditas kelautan dan perikanan, baik tangkap maupun budi daya, berpotensi menjadi program fast yield. Terlebih, Sjarief mengungkapkan, Provinsi NTT memiliki potensi kelautan dan perikanan yang melimpah, termasuk juga bahan baku yang memadai dalam mendukung produksi pakan ikan daerahnya. Dia berharap, pelatihan dapat menumbuhkembangkan pelaku usaha pembuatan pakan ikan yang dapat dipasarkan secara digital. Danusyakti.com – Peluang usaha perikanan di Indonesia pada dasarnya masih terbuka lebar. Hal ini dikarenakan Indonesia memiliki wilayah perairan yang sangat luas.

Setiap orang dilarang menggunakan bahan baku, bahan tambahan makanan, bahan penolong, dan/atau alat yang membahayakan kesehatan manusia dan/atau lingkungan dalam melaksanakan penanganan dan pengolahan ikan. Pemerintah mengatur dan/atau mengembangkan pemanfaatan plasma nutfah yang berkaitan dengan sumber daya ikan dalam rangka pelestarian ekosistem dan pemuliaan sumber daya ikan. Jika membandingkan jumlah pelaku usaha perikanan dari dua profesi terbanyak yaitu Pembudidaya Ikan dan Nelayan, masing-masing memiliki jumlah terbanyak (1.655 orang dan 1.791 orang) yang berasal dari Jakarta Utara. Jumlah pelaku usaha perikanan sebagai Nelayan terbanyak selanjutnya yaitu berasal dari Kepulauan Seribu. Sedangkan jumlah pelaku usaha perikanan Pembudidaya Ikan terbanyak selanjutnya yaitu Jakarta Timur dengan jumah sebanyak 1.381 orang.

Bisnis Perikanan

Kegiatan bisnis yang satu ini pula memiliki tujuan lain, yakni untuk bisa mendekatkan produk perikanan ke pasar. Contohnya, pembuatan nugget berbahan dasar ikan, pengolahan kerupuk ikan, pembuatan bakso ikan, dan sebagainya. Apalagi zaman sekarang semua teknologi serba canggih sehingga mempermudah pengusaha untuk berkecimpung dalam bisnis perikanan. Dapat pula menyediakan kebutuhan ternak seperti obat atau pakan, sehingga menjadi salah satu bisnis yang menghasilkan uang. Demikianlah ulasan ciri-ciri usaha perikanan dan jenis-jenisnya.

Pandemi ini tidak hanya memukul sektor kesehatan namun juga sektor ekonomi hingga hampir lumpuh. Hal ini karena adanya pembatasan kegiatan masyrakat yang bertujuan untuk menekan penyebaran virus corona . Dampak adverse pembatasan kegiatan dirasakan hampir semua sektorcontohnya sektor pariwisata, supermarket, trasnportasi, jasa boga, dan lainnya yang semakin meredup bahkan telah gulung tikar. Turunnya daya beli masyarakat dan munculnya pengangguran menjadi masalah yang tidak telekan lagi karena pandemic ini. Kunjungan Wakil Bupati yang didampingi Kadis Perikanan Kepulauan Selayar, Ir. Makkawaru kepulauan, melihat langsung bagimana proses karantina dan proses penimbangan ikan hidup yang merupakan hasil tangkapan nelayan lokal.

Sementara dari sisi pemasaran, KKP memiliki program Pasar Laut indonesia.id sebagai bagian dari program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia. Disini, KKP menjaring UMKM menjadi three kategori, yaitu UMKM Binaan, UMKM Bagus dan UMKM Unggulan untuk memudahkan dalam pembinaan dan pendampingan UMKM selanjutnya. Hingga suatu ketika, produk tersebut sampai ke tangan Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo. Tak hanya itu, keunikan produk Abah Ubed, juga berhasil menggugah Pemerintah Kabupaten Bandung untuk mengangkat krakers abon ikan lele sebagai salah satu makanan ikonik dari Kabupaten Bandung.

Pembiayaan pengembangan usaha kelautan dan perikanan dapat memanfaatkan Kredit Usaha Rakyat untuk sektor kelautan dan perikanan, selain pembiayaan dana bergulir dari LPDB, tambahnya. Edhy mengatakan penangkap ikan kapal di Indonesia paling banyak adalah kapal kecil yang jumlahnya berkisar 300 ribu sampai 600 ribu baik yang bermesin maupun tidak dengan rata-rata di bawah 2 GT. Kapal penangkap ikan besar dan modern dibutuhkan untuk beroperasi di zona ekonomi eksklusif dan laut lepas. Diakui, industri galangan kapal nasional belum mampu memenuhi kebutuhan dalam negeri. Pemerintah mendorong pelaku usaha nasional proaktif menguatkan industri KP di dalam negeri, termasuk bila masih harus mengimpor kapal buatan asing. Pra-Produksi dalam bisnis perikanan adalah proses atau kegiatan sebelum menghasilkan ikan yang berasal dari penangkapan maupun pembudidayaan ikan.

Cold storage sendiri merupakan alat penunjang yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan hasil laut untuk menjaga kualitasnya agar tidak mudah mengalami penurunan. Apalagi hasil laut tersebut akan dilakukan proses lanjutan sebelum didistribusikan ke konsumen. Tentunya, chilly storage sangat bermanfaat dalam meningkatkan nilai jual hasil perikanan.