Edukasi Bagi Investor Dan Trade Crypto Sangat Penting

Perhatian masyarakat dunia tersedot pad acara dan tips sukses buying and selling Bitcoin, karena nilai Bitcoin yang terus melonjak naik. Konon, trading Bitcoin bisa mendatangkan keuntungan hingga puluhan juta per bulan. Hal ini diatur dalam Peraturan Bappebti nomor 5 tahun 2019 tentang Ketentuan Teknis Penyelenggaraan Pasar Fisik Aset Kripto di Bursa Berjangka.

Trading di Crypto

Jerry juga berharap dunia pendidikan terutama universitas juga punya ruang khusus untuk mengembangkan literasi perdagangan aset digital termasuk crypto. Wamendag menilai, edukasi bisa dilakukan oleh lembaga atau badan yang berkaitan dengan crypto maupun dengan inisiatif investor dan trader sendiri. Untuk yang terakhir, menurut Wamendag, harus harus dilakukan oleh semua investor aset crypto.

Namun tidak segampang itu juga harus paham basic perusahaan atau token yang mau di beli. Nah ini pertanyaan menarik, jadi mau pilih invest saham/trading saham dan diperbandingkan dengan crypto. Sebenernya semua beneficial sih untuk di jalankan namun harus tau resikonya terlebih dahulu.

Buat kamu yang ingin mencoba berinvestasi di crypto, mekanisme jual-belinya dilakukan melalui platform exchange cryptoatau yang kerap disebut sebagai aplikasi kripto. Tercatat, nilai Bitcoin melonjak sampai 570 persen sepanjang 2020, dari US$8.440 di awal tahun menjadi US$29.000 di akhir tahun. Kalau dirupiahkan, dengan asumsi kurs Rupiah Rp14.000 per US$, harga bitcoin naik dari sekitar Rp 118 juta menjadi sekitar Rp406 juta per bitcoin. Ke depan, menurut Jerry, Kemendag akan menggiatkan edukasi mengenai crypto, bekerja sama dengan lembaga-lembaga lain baik pemerintah maupun swasta.

Pakar Digital, Anthony Leong mengatakan umumnya untuk mendapatkan mata uang crypto dilakukan dengan aktivitas yang disebut dengan mining . Namun kegiatan mining cryptocurrency memerlukan kemampuan komputer yang kuat dan dukungan listrik yang besar. Alternatif yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan staking coin, yaitu cara untuk mendapatkan coin tambahan tanpa menggunakan perangkat komputer yang canggih. Aktivitas buying and selling crypto pun meningkat setiap tahunnya seiring dengan kian banyaknya variasi coin yang ditawarkan. Kenaikan aktivitas ini juga dorong dengan munculnya platform bursa crypto yang semakin beragam menjadi pendorongnya.