Nasib Bisnis Kedai Kopi Di Tengah Pembatasan Kegiatan Jawa

Menghadirkan kopi murah dan enak dengan suasana kedai kopi asyik adalah tantangan di bisnis ini. Menurutnya untuk bersaing di bisnis kopi dengan kondisi banyaknya kedai kopi yang bermunculan, identitas dan kekhasan kedai kopi harus dipertahankan. Di tempat terpisah, Owner Kopi Roemah Kesambi, Setya Wuryanti mengungkapkan, setiap kedai kopi memiliki ciri khas tersendiri. Dia memilih, tagline rumah kreatif untuk rumah kopinya tetap dipertahankan. Sementara itu, Kopi Kulo, salah satu brand kopi ternama yang sebelumnya hadir di salah satu mall, baru-baru ini membuka cabang sendiri dengan konsep espresso shop. Bagi pemula yang tak punya modal untuk menyewa tanah atau ruko di perkotaan, jangan khawatir, anda juga bisa memulai bisnis kopi di rumah sendiri.

Anda juga bisa mencari tau cara mendapatkan modal dengan mudah di artikel ini. Untuk permulaan, sebaiknya Anda membatasi jumlah porsi makanan pendamping yang akan dijual untuk menghindari kerugian karena kelebihan bahan baku. Anda juga mungkin membutuhkan aplikasi kasir yang mampu mengakomodir semua kebutuhan bisnis Anda. Perlu diingat bahwa simulasi modal di atas berlaku jika Anda sudah memiliki lokasi usaha sendiri. Jika belum, maka Anda perlu menambahkan perkiraan biaya sewa gedung dan lain sebagainya. Namun, jika keberadaan dekorasi tersebut dihilangkan, warung kopi akan menjadi membosankan.

Untuk itu Anda memerlukan freezer atau lemari pendingin di kedai kopi Anda. Menurut survei asosiasi kopi, saat ini merupakan waktu yang baik untuk memulai usaha kedai kopi dan teh. Hal ini disebabkan oleh konsumsi kopi lokal yang semakin meningkat hingga 8% per tahun dan pasar Indonesia memiliki kebutuhan konstan akan kopi lokal. Dalam setahun terakhir bisnis kedai kopi mengalami tekanan karena adanya pembatasan sosial.

Hal tersebut dibuktikan dengan tingkat konsumsi kopi di tahun 2018 mencapai 314 ribu ton dan 2021 mendatang diprediksi mencapai 369 ribu ton. Manual brew sendiri merupakan suatu konsep kedai kopi dimana peracikan kopi dilakukan dengan menggunakan alat seduh guide. Selain unik, peluang keuntungannya juga masih besar karena konsep ini masih jarang di Indonesia.

Bisnis kedai kopi

Beda dari bisnis lainnya, usaha kedai kopi memungkinkan kamu untuk memperoleh keuntungan atau omset per hari. Hal yang perlu Anda perhatikan adalah dari sisi estetika, bagaimana memilih show yang baik, desain yang selaras dengan tema kedai kopi serta ukuran display yang sesuai dengan luas kedai kopi Anda. Display produk merupakan daftar wajib yang harus disertakan dalam membuka kedai kopi.

Sementara bisnis kopi kekinian dengan kedai kecil berkonsep grab and gomasih tetap diminati asalkan melakukan penyesuaian, mendiversifikasi produk dan memperhatikan isu kesehatan. Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba free of charge 30 hari. Selain untuk memperkaya pengetahuan tentang bisnis, apa hubungannya seminar dengan modal usaha untuk warung kopi?