Sepuluh Kesalahan Yang Sering Dilakukan Startup

Semoga ideas yang kami susun membantu Anda untuk merintis bisnis kuliner Anda sendiri. Dengan membuka website bisnis kuliner, Anda tak melulu berjualan produk makanan atau minuman. Seperti halnya yang dilakukan pengelola Cafe Brick, jasa pembuatan restoran atau cafe pun bisa ditawarkan. Kalau begini, cafe yang ditampilkan di web site justru jadi portofolio jasa konsultasi Anda. Idealnya, lokasi bisnis kuliner itu haruslah yang mudah dilihat dan ditemukan orang. Semakin dekat lokasi bisnis dengan jalan raya atau tempat strategis lainnya, semakin Anda diuntungkan.

Dalam urusan bisnis, kamu perlu membuat perencanaan yang cermat dan strategis. Pastikan bisnis kamu realistis dan sesuai dengan proyeksi masa depan. Rencana bisnis yang sehat minimal harus memiliki visi dan misi yang jelas. Hal ini mencakup menentukan target konsumen, strategi pemasaran, sumber modal, dana operasional. Yang gak kalah penting, kamu juga perlu membuat analisa kompetitor, laporan laba-rugi dan uang kas, serta kebutuhan karyawan dan manajemen saat ini dan di masa depan.

Mulai dari tampilan antarmuka yang menawan, cerita muasal produknya, macam-macam produk yang dijual, dan di mana produk tersebut bisa didapatkan. Kami tak heran kalau website ikut punya peran penting ke banyaknya lisensi yang terjual. Maka dari itu, Anda perlu kiat khusus untuk merekrut pegawai khusus untuk bisnis kuliner. Berikut kami rangkum kiat-kiat yang akan membantu Anda memulai bisnis kuliner. Baik bisnis kuliner online ataupun bisnis kuliner restoran.

Menjual produk yang tidak hanya dibutuhkan banyak orang bisa mendatangkan kegagalan. Jangan sampai usaha yang kamu jalani jadi gagal karena salah memilih produk untuk dijual. Tentu saja, pilihan kedua jauh lebih masuk akal, lebih mudah dan risikonya jauh lebih kecil.

Kesalahan awal dari membuka bisnis

Kemudian, seiring berjalannya waktu dan meningkatnya kualitas serta kemenarikan dari konten video Anda. Maka sedikit demi sedikit, Anda akan mendapatkan penonton atau viewer yang banyak, sehingga menghasilkan keuntungan yang memuaskan. Jadi, tingkatkan kreativitas Anda dan mulai bisnis on-line ini segera. Anda akan menerima tekanan bisnis yang pasti besar, apalagi ketika harus menjalankan semua hal sendirian. Anda bisa mengajak teman, kerabat atau orang-orang profesional yang bersedia membantu Anda. Minta mereka untuk membantu management strategi bisnis Anda, mulai dari A, B, C hingga ke Z.

Itu sebabnya, supaya bisnis yang dijalani menguntungkan, pastikan kamu punya dana yang memadai. Dengan banyaknya transaksi bisnis yang terjadi secara on-line, mudah bagi Anda untuk merasa “lupa” bahwa pelanggan yang merasa puas dengan model Anda akan kembali mengunjungi website Anda. Oleh sebab itu, pastikan bahwa Anda menyediakan interaksi bagi para pengunjung website, bisa melalui stay chat, e-mail, atau survei. Tidak banyak pemilik toko online yang melakukan hal tersebut sehingga bisnis mereka pun tidak dapat sukses secara maksimal.

Daripada membayar orang untuk menghitung dan membuat rencana anggaran, akan lebih baik kalau Anda belajar melakukannya sendiri. Buat beberapa jenis sampel produk untuk satu varian produk yang ingin dijual. Dengan begini, Anda bisa tahu mana resep paling enak untuk produk yang ingin dijual. Jangan lupa minta pendapat ke orang-orang yang jadi target pasar Anda.