Tommy Winata Rambah Bisnis Perikanan

Menurut Sugeng, ke depan akan dirancang bagaimana melakukan diversifikasi produk sehingga ada added value minimal 50%. Disamping itu, nantinya ada mata rantai bisnis yang terlibat dan ini akan memperluas kesempatan berusaha bagi masyarakat. Berikut ini 7 ide bisnis di masa pandemi yang dapat menjadi sumber pendapatan.

Slamet berharap usaha budidaya yang dilakukan dapat berkelanjutan bukan hanya dari aspek lingkungan, namun juga dapat berkelanjutan pada usahanya. Direktur Pemasaran Ditjen PDSPKP KKP Machmud mengungkapkan, merujuk information ITC Statistics-Trademap, selama periode Januari-April 2021 nilai impor produk perikanan AS meningkat 16,50% dibanding periode sama tahun sebelumnya. Demikian pula Australia dan Rusia masing-masing meningkat 27,80% dan 10,80%. “Kita perlu menangkap peluang dari meningkatnya permintaan di negara-negara tersebut,” tuturnya. Jika nilai ekspor mencapai miliaran dolar, Machmud memastikan nilai impor kumulatif produk perikanan Indonesia periode Januari-Mei 2021 hanya US$ 198,30 juta. Selain pemberian modal usaha, lanjut Fajriyah, Pertamina juga turut andil dalam proses pendampingan teknis.

Bisnis Perikanan

Artati menjelaskan realisasi investasi yang bersumber dari PMA sampai dengan triwulan III 2020 didominasi oleh 5 negara yaitu dari China, Singapura, Thailand, India, dan Jepang. Total investasi kelima negara tersebut mencapai Rp1,15 triliun atau 89,17 persen dari nilai complete PMA. Nantinya peserta dengan produk unggul berkesempatan membangun jejaring dan mendapatkan modal dari KKP untuk menjadi perusahaan rintisan yang maju, bahkan berorientasi ekspor. Apalagi jika dikombinasikan dengan jiwa entrepreneurship dan teknologi yang maju, misalnya membuat perusahaan rintisan di bidang perikanan berbasis orkestrasi dan lain sebagainya. Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengatakan, tak perlu modal besar untuk masuk dalam industri perikanan.

Hamransyah , warga kampung Tanjung Laong Kecamatan Muara Pahu, yang memelihara ikan di Sungai Kedang PahuDari hasil pantauan dan kunjungan penulis di beberapa tempat aktifitas usaha perikanan masih tetap dilakukan. Salah satu usaha yang banyak digeluti oleh masyarakat yang berada di pinggiran sungai adalah dengan memelihaara ikan dalam keramba. Seperti yang dituturkan oleh pak Hamransyah, warga Kampung Tanjung Laong Kecamatan Muara Pahu. Dengan memelihara ikan di keramba yang di letakkan di sungai Kedang Pahu, ia dapat memelihara ikan patin, sekalipun tidak terlalu banyak jumlahnya.

Daerah hukum pengadilan perikanan sebagaimana dimaskud pada ayat sesuai dengan daerah hukum pengadilan negeri yang bersangkutan. Surat izin berlayar sebagaimana dimaksud dalam Pasal 42 ayat dikeluarkan oleh syahbandar setelah kapal perikanan mendapatkan surat laik operasi. Setiap kapal perikanan yang akan melakukan kegiatan perikanan wajib memiliki surat laik operasi kapal perikanan dari pengawas perikanan. Setiap kapal penangkap ikan dan kapal pengangkut ikan harus mendaratkan ikan tangkapan di pelabuhan perikanan yang ditetapkan.

Secara umum, realisasi investasi nasional pada kuartal III/2020 sebesar Rp209 triliun atau meningkat 8,9 persen dari kuartal sebelumnya senilai Rp191,9 triliun. Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba free of charge 30 hari.

JAKARTA.NIAGA.ASIA– Potensi bisnis perikanan saat ini sangat besar. Apalagi diamati pada masa pandemi covid, sektor Perikanan kerap dilirik dunia usaha. Di Perindo potensi bisnis dari hulu ke hilir dapat dikembangkan secara maksimal mulai dari penangkapannya, chilly storage, pendistribusiannya, serta peningkatan kerja sama antar dunia usaha untuk mengembangkan bisnis perikanan. “Dari potensi yang dimiliki, saya berharap para pelaku utama dapat memproduksi pakan ikan secara mandiri dan ramah lingkungan. Selain itu dapat memunculkan start up yang dapat berkembang di e-commerce sehingga merangkul pelaku usaha perikanan lainnya dan terbangun roda perekonomian perikanan nasional yang terintegrasi,” ungkap Sjarief. Farid mengungkapkan, motivasi awal untuk membangun bisnis ini dipacu oleh semangat menciptakan manfaat sosial dalam membantu meningkatkan kesejahteraan nelayan.